Agrowisata di Sumatera

1. Agrowisata Siba Indah  

Sebuah taman di kabupaten Deli Serdang yang menarik untuk kita kunjungi yaitu taman Agrowisata Siba Indah. Taman ini sangat cocok buat kamu yang ingin bersantai bersama sahabat maupun keluarga. Agrowisata ini beralamat di Desa Sei Baharu Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang.  “Agrowisata ini berupa taman yang mendukung ekonomi masyarakat sekitar. Ini merupakan ikrar tokoh masyarakat setempat agar agrowisata ini menjadi tujuan pariwisata baru di Sumater Utara.

Adapun luas lahan taman agrowisata Hamparan Perak ini berkisar 8 hektar. Taman ini juga sebagai studi banding atau pertukaran pelajar antar negara, yakni Indonesia dengan negara lainnya, terutama negara tetangga, yang sudah di budidayakan adalah, pohon kelengkeng, mangga, durian, pohon jambu dan lain sebagainya. Sedangkan yang mengelola adalah kelompok home stay, kelompok kuliner, dan kelompok pembina UMKM.

2. Agrowisata Berastagi

Agrowisata (wisata kawasan penghasil Sayuran dan Buah-buahan) di kawasan Berastagi, Sumatera Utara, dikenal sebagai daerah dengan iklim yang sejuk dengan udara khas hembusan udara pegunungan.

Kawasan tersebut memang berada di kaki Gunung Sibayak. Udaranya yang dingin alami, kalau ingin berwisata ke tempat yang dingin dan belum terlalu terjamah polusi serta padatnya penduduk, inilah tempatnya. Penduduk di kawasan tersebut tidak terlalu padat, karena daerah tersebut masih melestarikan kawasan hutan, kebun, dan sawah. 

Berastagi adalah sebuah kecamatan di Tanah Karo, terkenal dengan hasil bumi, seperti sayur dan buah. Ada kebun Jeruk, Stroberry, Tomat, Cabai, Lobak dan Sayuran lainnya yang akan anda temukan di sepanjang jalan yang bisa anda beli dengan memetiknya langsung sendiri. Jika ingin membeli dan memetik sendiri, pengunjung cukup membayarkan buah yang dipetik untuk di bawa pulang. Sedangkan buah yang di makan di lokasi tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

3. Agrowisata strawberry di Perbukitan Semendo di Kabupaten Muara Enim

Dataran tinggi Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu desa yang berada di Bukit Barisan di ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut. Panorama alam yang indah, perbukitan yang di selimuti kabut serta daun padi melambai, akan ditemui saat tiba di desa ini.

Sebagian besar warga Desa Segamit ini berprofesi sebagai petani, seperti petani padi, kopi dan sayur-sayuran.

Di desa yang berada di ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut inilah, bisa ditemukan lokasi aneka agrowisata, salah satunya adalah Agrowisata Strawberi yang selalu ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah di Sumatera Selatan untuk mengisi masa liburan. 

Kebun Strawberry di Semendo Muara Enim ini, pengunjung di persilahkan makan buah secara gratis, selanjutnya pengunjung bisa memanen sendri buah Strawbery. Hasil panen kemudian ditimbang dan di packing baru di bayar, Harga per kilogram strawbery Rp. 35.000 per kilogram.

Tanaman Strawbery dikebun ini merupakan tanaman organik dan tidak menggunakan pestisida, jadi pengunjung bisa langsung memakan buah dengan aman.

One thought on “Agrowisata di Sumatera”

Leave a comment