Agrowisata di Jawa

Agrowisata adalah aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait (misal silo dan kandang) yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Agrowisata memiliki beragam variasi, seperti labirin jagung, wisata petik buah, memberi makan hewan ternak, hingga restoran diatas laut.

Berikut ini beberapa agrowisata yang ada di jawa :

1. Kusuma Agrowisata Petik Apel 

Kusuma agrowisata merupakan pelopor wisata agro di Indonesia. Terletak pada ketinggian +1000 meter dari permukaan laut yaitu di Jl. Abdul Gani atas, kota Batu Malang, Kusuma Agrowisata menawarkan layanan wisata petik di kebun apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi, dan sayur hidroponik bebas pestisida. Selain itu, objek wisata berhawa sejuk ini juga menawarkan wisata outbound seperti bermain War Game di arena airsoft gun, mengendarai ATV di mini off-road track dan flying fox. Di Kusuma Agrowisata, anda akan diajak berkeliling ke perkebunan yang cukup luas. Selain hijaunya tanaman buah, udara sejuk dan pemandangan indah bisa anda dapatkan ini. Lelah mengelilingi perkebunan, anda bisa mengisi perut di kedai yang bernama Apple House dan Strawberry House. Sesuai dengan namanya, kedai ini memiliki menu makanan yang hampir semuanya berbahan dasar apel dan stroberi. 

2. Agro Tawon Wisata Petik Madu

Agro Tawon Wisata Petik Madu berada di Putri Kencana, Jalan Dr. Wahidin 8, Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Sesuai namanya, obyek wisata yang juga diberi nama Rimba Raya ini merupakan tempat untuk memelihara dan mengembangbiakan tawon atau lebah. Di sini, para pengunjung bisa menikmati sajian alam berupa perbukitan seluas 2,5 hektar yang cukup eksotis. Begitu memasuki pintu gerbang Putri Kencana, wisatawan langsung berada di jalan berbatu yang menurun tajam, menghadap ke lembah yang ditumbuhi beraneka jenis tanaman.  Di bagian tengah lembah yang mendatar, terdapat ratusan kotak berisi lebah. Di Agro tawon ini anda dapat menyaksikan tiga jenis lebah penghasil madu yang dibudidayakan yakni Apis Melilfira, Acerana dan Trigond. Tak hanya madu saja, lebah-lebah tersebut juga menghasilkan beberapa macam produk seperti Royal jelly, bee pollen, propolis, serta lilin lebah dan larva lebah. Pengunjung dapat menikmati es madu, jus jambu-madu, serta membeli berbagai produk yang dihasilkan lebah di stand yang tersedia ditempat ini. Bahkan anda bisa melakukan apitherapy atau pengobatan dengan sengat lebah.

3. Agro wisata Gunung Mas

Agro wisata ini terletak pada daerah sejuk dengan ketinggian 800-1200 meter diatas permukaan laut. Suhu udaranya rata-rata 12-22 derajat celcius, sehingga tempat ini nyaman untuk beristirahat atau sekedar relaksasi melepas kepenatan rutinitas. Lokasinya di Puncak, Bogor-Jawa Barat dan begitu dekat dari Jakarta. Berbagai macam fasilitas dan aktivitas dapat anda nikmati disini sepuasnya bersama keluarga. Salah satunya adalah hamparan perkebunan teh yang hijau nan asri.

One thought on “Agrowisata di Jawa”

Leave a comment