Agrowisata di Kalimantan

1. Agrowisata Beruang Madu Balikpapan, Kalimantan Timur

Tempat wisata alam agrowisata bernuansa alam bebas di penangkaran beruang madu di Balikpapan Kalimantan Timur 

Obyek wisata Penangkaran Beruang Madu di Balikpapan ini merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan konsep wisata edukasi tentang lingkungan hidup dari sebuah tempat beruang madu yang hidup bebas di habitat aslinya, yakni hutan khas Kalimantan.

Untuk dapat menyaksikan beruang madu ditempat Agro wisata Balikpapan ini, kita harus melewati jembatan yang terbuat dari kayu ulin sepanjang sekitar 500 meter yang ditemani atmosfir pemandangan hutan alam khas Kalimantan yang indah, udara yang sejuk, pepohonan rindang, yang semua ini membuat paket perjalanan wisata Balikpapan yang kita ikuti menjadi terasa berbeda.
Tempat wisata balikpapan ini selain digunakan sebagai destinasi liburan juga sering digunakan sekelompok wiaatawan baik dalam maupun luar negeri untuk melakukan penelitian. Bagi sahabat yang ingin mengunjungi tempat Agrowisata Beruang Madu di Balikpapan ini bisa datang ke lokasi tepatnya di km 23. Dan tempat penangkaran ini mudah dijangkau dari pusat Kota Balikpapan dengan kendaraan yang berjarak tempuh sekitar 30 menit. Dengan mengunjungi tempat wisata alam Agrowisata Beruang Madu di Balikpapan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang kehidupan satwa ini di alam habitatnya. 

2. Taman Agrowisata Batuah Kalimantan Timur  

Kawasan ini terletak di KM.24 Loa Janan yang merupakan jalan yang merupakan jalan utama antara Samarinda dan Balikpapan. Memiliki luas 35 hektar dengan konsep pertanian, alam dan wisata serta berada diantara pertanian rakyat Desa Batuah.

Dikelola oleh Dinas Pertanian Tanaman Provinsi Kalimantan Timur. Lama tempuh dari Balikpapan ke Taman Agro adalah sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan jarak tempuh dari Tenggarong ke Taman Agro adalah sekitar 45 menit dengan kendaraan mobil.

Terdapat berbagai macam jenis anggrek di Agrowisata ini, diantaranya adalah Anggrek alam, Dandrobium, Anggrek Vanda, Anggrek Bulan, dan tanaman hias lainnya. Anggrek-anggrek ditempat ini juga dapat dibeli dengan harga yang relatif murah. Ada juga Rumah Kaktus yang jumlahnya 10 rumah kaktus berjejer rapi dan berwarna-warni. Sama dengan anggrek, kaktus ini dapat dibeli dengan harga murah.

Di kawasan inipun terdapat kolam pemancingan yang juga merupakan salah satu andalan dari Agrowisata Batuah, lalu Aneka Buah-buahan seperti Rambutan Binjai, Lebak Bulus, Rapiah, Antalagi, Durian, Nanas, Salak Pondoh dan masih banyak lagi, fasilitas lainnya adalah kafe, pergola dengan payung bunga, saung tempat istirahat, toilet dan villa dengan gaya rumah panggung yang disewakan bagi pengunjung yang ingin bermalam. 

3. Agrowisata Aloe Vera Center Pontianak

Aloe Vera Center merupakan sebuah daerah yang khusus untuk melakukan pertanian terhadap tanaman Lidah Buaya. Kawasan Agro Wisata Aloe Vera Center terletak di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 8,5 km dari Pusat Kota Pontianak. Kota Pontianak yang memiliki struktur tanah gambut (PH Tanah Asam) menyebabkan suburnya pertumbuhan tanaman lidah buaya. Potensi ini dimanfaatkan dengan mendirikan kawasan agrowisata masyarakat serta wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pengunjung yang memasuki wilayah ini akan dapat mencicipi produk minuman lidah buaya yang masih segar ataupun menjadikannya sebagai oleh-oleh khas pontianak. Bagi pengunjung yang masih bingung untuk mengisi jadwal liburan di pontianak, penulis sarankan untuk memanjakan diri di Taman Agrowisata Aloe Vera Center Pontianak.

Selain itu pengunjung juga bisa melihat sendiri bagaimana tanaman Aloe Vera tersebut diolah secara higienis dengan memanfaatkan teknologi tepat guna menjadi tepung dan bermacam-macam jenis makanan khas berupa dodol, jelly, cokelat, minuman sari lidah buaya, teh dan berbagai macam jenis kuliner khas lainnya. Produk olahan dari industri ini telah diekspor ke berbagai negara tetangga, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Aloe Vera Center Pontianak juga menerima kunjungan industri/edukasi rombongan dari berbagai komunitas maupun instansi, baik sekolah, pemerintah maupun swasta.

One thought on “Agrowisata di Kalimantan”

Leave a comment